Home Sitemap About Contact

Ciri-ciri Anak Sehat

Mengenali ciri-ciri anak sehat pada usia balita agar kita bisa memastikan perkembangan anak wajar serta maksimal. Berikut ini beberapa ciri-ciri anak sehat yang perlu kita ketahui.

* Anak akan selalu aktif bergerak, bila kita mendapati anak kemudian menjadi sedikit lesu atau lebih banyak diam, kita perlu waspada akan adanya gangguan kesehatan yang mungkin terjadi. Usia balita bagi seorang anak akan sangat memerlukan ruang yang cukup luas dengan berbagai mainan serta kegiatan bermain. Juga termasuk interaksi dengan lingkungan di luar rumah.

[imagetag] Ciri-ciri Anak Sehat
* Mata yang responsif juga menjadi salah satu ciri-ciri anak sehat. Seringnya kontak mata dengan orang di sekitarnya, juga respon segera ketika melihat sesuatu atau dipanggil serta mendengar suara. Dari mulai bayi sampai usia balita, kontak mata akan terus dan semakin berkembang, kita harus seringkali mengajak bicara anak sambil memperhatikan respon matanya secara langsung, juga sikap positif yang kita pancarkan melalui tatapan mata akan sangat membantu perkembangan anak.

* Mudah diberi makanan, memang kadang mungkin adakalanya anak susah makan karena suatu sebab. Tetapi salah satu ciri-ciri anak sehat lainnya adalah, dalam kondisi wajar anak akan mudah menerima makanan yang diberikan kepadanya. Kita pasti akan mengetahui jenis makanan apa yang disukai anak, tetapi juga harus selalu dengan memperhatikan keamanan serta nilai gizi makanan. Ketika anak sampai usia dua tahun masih sering menolak makanan, baik dengan memuntahkan makanan atau tidak mau mengunyah makanan, perlu rasanya untuk segera memeriksakan ke medis, karena kemungkinan ada sesuatu yang mengganggu kesehatan anak.

* Pertumbuhan gigi dan rambut pada anak dalam kondisi maksimal. Gigi anak terlihat berwarna cerah dengan gusi kemerahan dan terang. Juga pada rambutnya, sebagian besar anak Indonesia mempunyai jenis rambut hitam yang kuat, kecuali memang karena faktor keturunan dan bisa saja rambut anak mungkin agak sedikit pirang dan tidak terlalu hitam. Tetapi secara umum, apapun itu    jenis rambut anak, akan terlihat tidak kusam serta tidak mudah rontok.

* Tidur rutin dan juga tidak susah tidur. Perkembangan anak akan sangat dipengaruhi oleh waktu istirahatnya yang cukup, tubuh dan otaknya akan secara maksimal berkembang ketika tidur. Bila anak tidur nyenyak dalam waktu yang cukup akan membuat anak menjadi tidak mudah lesu, dan bila anak kemudian menjadi cepat mengantuk, ini menunjukkan ada yang tidak seharusnya pada kondisi kesehatannya.

* Lancar buang air besar secara rutin setiap hari. Gangguan pencernaan bisa saja terjadi, dan buang air besar yang rutin adalah ciri-ciri anak sehat berikutnya. Juga bila anak lebih sering buang air besar, ini akan mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh anak.

Itulah beberapa diantaranya ciri-ciri anak sehat, semoga buah hati anda selalu sehat dan cerdas serta berkembang secara maksimal.

Home About Me Contact Sitemap Privacy Policy Disclaimer