Home Sitemap About Contact

Penyebab Jerawat di Wajah

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab jerawat yang bisa sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri itu? Jerawat menjadi masalah tersendiri bagi banyak wanita khususnya kalangan gadis remaja. Meskipun tidak serta merta membuat minder dan rendah diri, tetapi timbulnya jerawat di wajah tentu saja menyebabkan rasa kurang nyaman. Selain karena mengganggu cantik alami wajah wanita, ada beberapa jenis jerawat yang agak terasa sakit. Dan ada saja teman yang membicarakan jerawat di wajah kita, meskipun itu hanya satu biji,"Wah, sedang jatuh cinta sepertinya." Waduh, apa hubungannya jerawat dengan jatuh cinta.

Banyak kalangan yang mengkaitkan timbulnya jerawat dengan perasaan jatuh cinta. Ya mungkin saja, karena pada sebagian besar, jerawat timbul pada gadis muda atau anak muda yang sedang dalam masa pubertas atau akil baligh. Ada yang bisa bersikap tidak terlalu memperhatikan adanya jerawat di wajah, tetapi sebagian besar gadis remaja pasti akan sibuk mencari cara menghilangkan jerawat tersebut.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat secara umum. Dan berikut ini ulasan seputar masalah penyebab timbulnya jerawat yang sangat mengganggu tersebut.

Penyebab timbulnya jerawat

1. Setiap hari, seperti halnya di semua bagian tubuh manusia, lapisan pada kulit wajah juga mengalami regenerasi. Lapisan sel kulit mati pada wajah dari akibat regenerasi kulit ini akan menyebabkan pori-pori pada kulit wajah yang seharusnya bebas terbuka menjadi tertutup oleh lapisan sel kulit mati tersebut. Seharusnya, pada saat sel baru muncul akan berada pada lapisan teratas dari kulit wajah. Tetapi bila karena satu hal, misalnya kurang bersih saat mencuci muka, lapisan sel kulit mati tidak terlepas semua dan terjadi penumpukan yang menyebabkan pori-pori kulit wajah tertutup. Dan bila terjangkiti oleh bakteri dan terjadi infeksi, maka akan timbullah jerawat.

2. Kesalahan dalam membersihkan wajah juga sering terjadi, misalnya mencuci muka setelah selesai berolahraga atau melakukan aktifitas fisik yang banyak mengeluarkan keringat. Kesalahannya adalah, kebiasaan memakai make up pada saat olahraga. Seharusnya, sebelum berolahraga wajah harus terbebas dari beban make up, dan ketika keringat keluar dari pori-pori wajah tidak tertutup oleh make up. Jadi sebaiknya, membersihkan wajah dilakukan sebelum dan sesudah berolahraga.

3. Penggunaan produk untuk merawat wajah, make up dan produk untuk rambut, seperti minyak rambut (untuk pria) juga bisa menjadi penyebab jerawat. Ada produk-produk tertentu yang banyak mengandung minyak dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit yang akan berakibat pada timbulnya jerawat. Untuk menghindari hal ini, pilihlah produk dengan label oil free dan noncomedogenic. Tetapi pada beberapa orang yang mempunyai kulit wajah sensitif, penggunaan produk oil free pun masih bisa menyebabkan jerawat.

4. Penyebab jerawat selanjutnya terkadang tidak kita sadari. Kebiasaan memegang, mengusap keringat di wajah dan menggosok hidung dengan tangan bisa menjadi sebab terjadinya infeksi oleh bakteri. Dan juga, kadang tidak sadar atau memang sedikit gemas dengan mulai tumbuhnya jerawat. Bahkan sampai memencet jerawat, hal ini akan semakin memperburuk keadaan karena bakteri akan semakin masuk ke dalam kulit dan menimbulkan peradangan dan luka bekas jerawat.

5. Mencuci muka terlalu sering dengan sabun yang tidak sesuai juga akan menjadi penyebab jerawat tumbuh di wajah. Penggunaan sabun yang tidak sesuai akan semakin memperparah kondisi kulit wajah dan terjadi produksi minyak berlebihan pada wajah. Sebaiknya, sebelum mencuci wajah bersihkan tangan dan bila memang harus memakai sabun pilihlah sabun yang lembut. Keringkan dengan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepukan handuk, bukan dengan menggosok wajah dengan handuk.

6. Penyebab jerawat selanjutnya adalah karena adanya faktor keturunan. Bila salah satu dari kedua orang tua memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung lebih mudah timbul jerawat, maka kemungkinan hal tersebut juga akan diturunkan kepada anaknya. Bukan salah bunda mengandung, jangan menyalahkan keturunan atas jerawat yang timbul. Tentu saja jangan hanya gara-gara jerawat kita menyalahkan kedua orang tua kita, tentu tidak demikian.

7. Hormon yang meningkat pada masa pubertas juga menjadi penyebab paling umum timbulnya jerawat di kalangan gadis remaja dan sebayanya. Pada masa pertumbuhan ini, secara jiwa dan fisik tubuh akan berkembang menjadi dewasa, hal ini memicu produksi hormon gender menjadi lebih aktif. Pada anak laki-laki pubertas, biasanya jerawat lebih banyak dibandingkan dengan gadis remaja sebayanya. Ini karena adanya hormon androgen yang akan merangsang kelenjar minyak menjadi lebih banyak.

8. Stres dan kurang istirahat yang cukup menjadi penyebab jerawat berikutnya. Pada saat stres tubuh akan terpacu untuk memproduksi hormon kortisol yang akan merangsang produksi minyak berlebih dari dalam kulit. Bila minyak yang berlebih ini ada di kulit wajah, kemudian tercampur dengan sel kulit mati dan terinfeksi bakteri, akan semakin membuat jerawat bertambah banyak dan parah.

Itulah diantaranya beberapa hal yang bisa menjadi penyebab jerawat tumbuh di wajah. Sedini mungkin kita bisa melakukan pencegahan timbulnya jerawat berdasarkan beberapa hal penyebab jerawat ini.

Home About Me Contact Sitemap Privacy Policy Disclaimer